Cara Melihat Hasil Google Forms Melalui HP dan Mencetaknya Dengan Mudah

Cara Melihat Hasil Google Form Melalui HP dan Mencetaknya Dengan Mudah

Cara Melihat Hasil Google Forms — Mengumpulkan data memang sebuah kegiatan yang memakan waktu dan tenaga lebih. Namun dimasa sekarang ini kita bisa mengumpulkan data dengan praktis, yaitu menggunakan google form. Bagi yang belum tau cara membuatnya kalian bisa membaca Cara Membuat Google Form di Hp Android Begini Contohnya.

Pada postingan sebelumnya kami telah membagikan tutorial untuk membuat google form di hp. Dan pada kesempatan kali ini kami akan coba membagikan cara melihat hasil dari google form yang telah kita buat. Untuk itu, langsung saja kita bahas.

Cara Melihat Hasil Google Forms Dari Hp Android

Telah banyak tersedia aplikasi untuk membuat google form dari Hp, namun kali ini kami akan membagikan tutorial melihat hasil google form yang telah kita buat melalui google chrome. Kami merasa bahwa menggunakan google chrome merupakan salah satu media yang sangat praktis, karena kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.

Data hasil jawaban dari setiap orang yang mengisi google form yang kita bagikan disebut response atau tanggapan. Data tersebut bisa kita lihat di beranda akun google form. Untuk melihat data tersebut berikut adalah langkah langkahnya:

1. Masuk ke akun google form

Langkah pertama adalah kita buka aplikasi google chrome, kemudian masuk ke situs google form. Kemudian pilih formulir yang ingin kita lihat hasilnya.

2. Pilih opsi tambahan

Setelah kita memilih formulir yang ingin dilihat hasilnya, selanjutnya di dalam halaman formulir tersebut kita pilih/tap opsi tanggapan yang terletak di bagian atas formulir.

3. Melihat rangkuman data

Selanjutnya akan ada 2 opsi yang tersedia, yaitu ringkasan dan individual. Rangkuman dari semua data yang masuk bisa kita lihat di opsi ringkasan, sedangkan untuk melihat satu persatu data yang masuk bisa kita lihat di opsi individual.

4. Tap pada ikon spreadsheet

Pada google form tersedia fitur spreadsheet, fitur ini memudahkan kita untuk membaca data hasil atau jawaban dari formulir yang telah dibuat. Untuk menggunakan fitur ini tinggal tap ikon spreadsheet yang berada di sebelah kanan atas formulir.

5. Melihat tanggapan google form dalam bentuk spreadsheet

Setelah klik/tap ikon spreadsheet akan muncup jendela dialog, pada jendela dialog tersebut pilih buat spreadsheet baru, kemudian tap buat. Dengan demikian data secara otomatis akan masuk ke dalam spreadsheet dan kita bisa melihat hasil atau jawaban dari responden.

Baca juga:

Cara Mencetak Hasil Google Forms

Selain melihatnya secara online, kita juga bisa mencetak data tersebut. berikut ini adalah cara mencetak hasil google form:

  1. Pada halaman pertama google form pilih formulir yang ingin kita cetak hasilnya. Kemudian klik ikon 3 titik yang berada di sudut kanan atas, berada di sebelah kanan ikon spreadsheet.
  2. Kemudian akan muncul jendela opsi, pada opsi tersebut pilih cetak semua tanggapan.
  3. Setelah klik cetak semua tanggapan, akan muncul tampilan preview, kemudian klik save.
  4. Simpan file ke folder kita dalam bentuk pdf.
  5. Setelah itu buka file tersebut, kemudian print seperti biasa.

Akhir Kata

Demikianlah cara melihat hasil google form pada android dan cara mencetak hasil google form dengan mudah. Sekian tutorial dari kami, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

You May Also Like

About the Author: Dede Junaedi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *