Cara Membuat Google Form di Hp Android Begini Contohnya

Cara Membuat Google Form di Hp Android Begini Contohnya

Cara Membuat Google Form di Hp — Siapa sih yang tidak kenal dengan google form? yaitu sebuah layanan yang bisa digunakan untuk membuat kuesioner sebuah penelitian dan juga bisa digunakan untuk membuat formulir seleksi calon pelamar kerja sebuah perusahaan.

Google form masih menjadi layanan terbaik karena penggunaannya yang mudah dan juga tidak berbayar. Hal ini juga yang menjadikan google form menjadi pilihan ketika membutuhkan sebuah layanan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuesioner.

Meskipun membuat formulir di google form cukup mudah, mungkin masih ada yang belum mengetahui carany. Pada postingan kali ini kami akan membagikan cara membuat google form menggunakan android.

Cara Membuat Google Form di HP Android

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat google form di android, namun pada tutorial kali ini kita menggunakan aplikasi G-Form. Untuk membuat google form di android berikut adalah langkah langkahnya:

Langkah 1: Instal Aplikasi G-form

Langkah pertama adalah kita harus menginstal aplikasi G-Form, kita bisa mendapatkan aplikasi tersebut di Google Play Store.

Langkah 2: Menyiapkan Formulir

Setelah aplikasi berhasil diinstal, langsung saja kita buka aplikasinya. Selanjutnya tap ikon + yang berada di pojok kanan bawah. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan template yang bisa kita gunakan, namun pada tutorial kali ini kita akan menggunakan yang blank (kosong), langsung saja tap template blank.

Langkah 3: Membuat Judul dan Deskripsi Formulir

Setelah tap blank template, maka akan muncul tampilan form design, kemudian isi kolom yang ada. Pada tampilan tersebut terdapat kolom form title untuk judul formulir kita dan kolom form description untuk mendeskripsikan formulir yang kita buat.

Setelah kita membuat judul dan juga deskripsi formulir, langkah selanjutnya adalah membuat daftar data pada formulir.

Langkah 4: Membuat List Data

Pada tutorial kali ini kita asumsikan membuat sebuah kuesioner, data yang dikumpulkan adalah nama mahasiswa, nomor pokok mahasiswa (NPM), pilihan peminatan, dan alasan terhadap pilihan peminatan.

Data pertama yang kita buat adalah Nama Mahasiswa.Tap ADD ITEM untuk membuat data tersebut, kemudian pilih Short Answer.
Kemudian ketikan 1. Nama Mahasiswa dan pada bagian deskripsi bisa kita ketik Isi Nama Lengkap.

Kemudian tap ADD ITEM dan pilih Short Answer. Lalu ketikan 2. NPM dan pada bagian deskripsi bisa kita ketik Isi Nomor NPM.

Selanjutnya membuat form Pilihan Peminatan. Tap kembali ADD ITEM, kemudian pilih Checkboxes.

Kemudian ketik judul 3. Pilihan Peminatan dan ketik Centang Peminatan yang Dipilih pada kolom deskripsi.

Selanjutnya tap Add Choice untuk menambahkan daftar pilihan peminatan yang disediakan (contoh: Pemasaran, Keuangan, dan SDM). Lalu matikan pilihan Others dengan cara menekan tombol yang berwarana biru.

Kemudian kita membuat data nomor 4 yaitu alasan terhadap pilihan peminatan. Tap kembali ADD ITEM, kemudian pilih Paragraph.

Setelah semua data form selesai dibuat, selanjutnya kita mengatur setingan dengan cara tap ikon roda gigi yang berada di sebelah kanan atas. Kita bisa mencentang semua pilihan kemudian SAVE.

Periksa kembali formulir yang kita buat, apakah sudah sesuai tau masih ada yang perlu diperbaiki. Jika sudah sesuai, langsung saja tekan ikon √ (centang).

Selanjutnya tap ikon Share, setelah itu akan muncul link google formulir yang kita buat. Kemudian Copy link tersebut dan bagikan link-nya.

Baca juga:

Akhir Kata

Demikian cara mudah membuat google formulir menggunakan handphone. Semoga artikel ini bisa membantu. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Dede Junaedi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *