Cara Mengatasi HP Yang Cepat Panas

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi HP Yang Cepat Panas

Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas — Di jaman yang modern ini kita tidak pernah lepas dari yang namanya handphone. Gadget yang satu ini pada awal mula kemunculannya hanyalah sebuah alat komunikasi dengan fitur fitur yang sangat terbatas. Meski demikian, pada era awal kemunculannya handphone menjadi primadona, namun hanya sedikit yang mampu memilikinya karena harganya yang terbilang mahal.

Dari masa ke masa produsen handphone terus melakukan riset dan pengembangan pada produk mereka, mulai dari segi bentuknya hingga fitur fiturnya terus dikembangkan. Tak disangka perkembangan handphone begitu cepat, kini handphone tidak hanya untuk alat komunikasi, namun juga menjadi media hiburan dan juga alat untuk bekerja, dan sekarang kita menyebutnya smartphone.

Dinamakan smartphone karena kemampuannya yang menyerupai komputer, dan memungkinkan kita untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dengan smartphone. Namun karena terlalu seringnya kita melakukan beberapa pekerjaan / multitasking pada smartphone kita, maka tak jarang smartphone menjadi cepat panas, tentu ini sangat tidaklah nyaman untuk digunakan.

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat smartphone kita mudah panas? Dan bagaimana caranya supaya smartphone kita tidak mudah panas?

Pada postingan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi smartphone yang cepat panas. Tapi sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui penyebabnya.

Penyebab Smartphone Mudah Panas

Banyak penyebab mengapa Smartphone kita cepat panas, mulai dari cara pemakaian sampai faktor cuaca juga mempengaruhi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penyebab smartphone/handphone cepat pamas.

1. Berlebihan Dalam Bermain Game

Penyebab yang pertama kita bahas adalah karena berlebihan dalam bermain game. Maksud berlebihan adalah kita terlalu lama menggunakan smartphone untuk bermain game. Idealnya durasi untuk bermain game menggunakan smartphone adalah 1-2 jam, namun jika lebih dari itu maka smartphone akan menjadi panas. Terlebih jika memainkan game game yang berat, maka GPU smartphone bekerja lebih keras, dan menyebabkan overheat.

2. Terlalu Lama Menggunakan Aplikasi Streaming

Smartphone atau handphone akan cepat panas saat menggunakan aplikasi streaming terlalu lama. Ini sama saja halnya dengan bermain game terlalu lama, menonton streaming pun akan membuat handphone cepat panas, karena saat menonton streaming kita membutuhkan koneksi internet dan juga daya yang besar.

3. Jaringan Kurang Bagus

Jaringan provider yang kurang bagus menyebabkan smartphone cepat panas, karena smartphone terus bekerja untuk mencari sinyal.

4. Pengaturan Kurang Optimal

Pengaturan yang tidak optimal pun bisa menyebabkan panas yang cepat meningkat. Contohnya tingkat kecerahan yang terlalu tinggi, menggunakan live wallpaper, dan sebagainya.

5. Baterai Yang Sudah Jelek

Sebenarnya baterai pada handphone keluaran terbaru menggunakan baterai tanam sehingga tidak bisa diganti dan memiliki kualitas yang cukup bagus, baterai jenis ini biasanya tahan lama. Namun pada handphone jenis lama otomatis usianya juga sudah cukup tua, tidak menutup kemungkinan kualitasnya juga menurun. Hal ini yang membuat hp cepat panas.

6. Menggunakan Beberapa Aplikasi Secara Bersamaan

Menggunakan atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan juga berpengaruh terhadap meningkatnya suhu baterai, untuk itu tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

7. Faktor Lingkungan

Selain faktor faktor teknis seperti yang disebutkan sebelumnya, faktor lingkungan pun cukup berpengaruh. Misalnya jika handphone kita terkena cahaya matahari secara langsung, maka handphone pun akan cepat panas.

Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

Setelah kita mengetahui beberapa faktor penyebab smartphone cepat panas, selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan supaya smartphone/handphone tidak cepat panas.

  1. Batasi memainkan game dan menonton streaming
  2. Kurangi multitsking
  3. Matikan Bluetooth dan GPS
  4. Hapus file sampah
  5. Matikan Fitur WiFi saat tidak ada jaringan WiFi
  6. Gunakan provider yang jaringannya bagus di lingkungan kita
  7. Gunakan aplikasi pendingin
  8. Hindari terkena cahaya matahari langsung
  9. Gunakan charger original
  10. Cek kondisi baterai

Akhir Kata

Itulah beberapa faktor penyebab baterai handphone cepat panas dan cara mengatasinya. Selalu rawat kondisi handphone kita supaya bisa bertahan lama. Semoga artikel ini bisa membantu memecahkan masalah kalian. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Dede Junaedi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *