Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah Pencatat Amal Baik dan Buruk

Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah Pencatat Amal Baik dan Buruk

Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid — Baru baru ini warganet sempat dihebohkan dengan aplikasi raqib atid. Aplikasi yang dikembangkan oleh Mahmud Fauzi itu sempat menggemparkan di dunia maya. Bagaimana tidak, dalam islam, Raqib dan Atid adalah nama malaikat, yang mana kedua malaikat tersebut bertugas mencatat amal baik dan amal buruk manusia.

Apa Itu Aplikasi Rakib Atid?

Sesuai dengan namanya, aplikasi Raqib Atid berfungsi untuk mencatat amal baik dan amal buruk kita. Aplikasi ini memudahkan kita untuk mencatat dosa dan kebaikan kita sehari-hari. Dengan aplikasi ini kita selalu diingatkan dengan perbuatan kita sepanjang hari.

Aplikasi Raqib Atid cukup “nyeleneh”, seakan akan di era 4.0 ini ada malaikat versi digital. Seolah olah kita tidak percaya dengan tugas kedua malaikat tersebut. Namun bukan itu tujuan developer menciptakan aplikasi Raqib Atid.

Mengutip dari catatan pengembang yang tertera pada keterangan aplikasi yang ada di google play store, Fauzi (2020) menulis bahwa Apps hanya untuk muhasabah bukan yang lain hisablah dirimu sebelum dihisab Allah. Apps yang dapat membantu anda mejadi pribadi yang lebih baik, dengan merecord kesalahan dan kebaikan anda tiap hari dan memberi anda ringkasan dan grafik kesalahan serta kebaikan anda setiap hari. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada niat buruk dari pihak pengembang.

Aplikasi Raqib Atid Berubah Nama Menjadi Muhasabah

Meskipun tujuan dari pengembang itu baik, tetap menimbulkan kontroversi. Maka sekarang aplikasi yang awalnya bernama Raqib Atid diganti menjadi Muhasabah. Jadi kita tidak akan lagi menemukan aplikasi Raqib Atid pada play store. Namun, ketika memasukkan keyword “Raqib Atid” yang muncul adalah aplikasi Muhasabah.

Meskipun telah merubah namanya, namun fungsinya masih tetap sama, yaitu untuk mencatat perbuatan baik dan perbuatan buruk kita sehari-hari. Hanya ada sedikit penambahan fitur pada aplikasi yang telah diperbaharui ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah

Bagi teman-teman yang tertarik dengan aplikasi Raqib Atid yang kini berganti nama menjadi aplikasi Muhasabah, pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial cara menggunakan aplikasi Raqib Atid / Muhasabah pencatat amal baik dan amal buruk. Langsung saja simak langkah-langkahnya ya.

  1. Pertama-tama tentu saja kita harus mengunduh kemudian install aplikasi Muhasabah di Google play store.
  2. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasinya.
  3. Pada menu awal langsung ada dua pilihan pencatatan, yaitu kesalahan dan kebaikan.
  4. Pada kategori kesalahan terdapat beberapa jenis kesalahan yang dilakukan. Tambahkan poin kesalahan dengan menekan tanda + setiap kali kita melakukan kesalahan, seperti ghibah, ingkar janji, mencuri dan lainnya.
  5. Kita juga bisa menambahkan jenis kesalahan dengan cara menekan tombol tambah jenis kesalahan.
  6. Kategori berikutnya yaitu kebaikan. Sama halnya dengan kategori sebelumnya, saat melakukan kebaikan, lakukan pencatatan dengan menambahkan poin dengan menekan tanda + pada jenis kebaikan yang dilakukan. Seperti dzikir, sholat, sedekah, dan lainnya.
  7. Pada kategori kebaikan juga kita dapat menambah jenis kebaikan dengan cara menekan tombol tambah jenis kebaikan.
  8. Semua jenis kesalahan dan kebaikan yang dilakukan bisa dikomulasikan dan ditampilkan dalam grafik.

Dengan melihat hasil pencatatan pada aplikasi ini, bisa kita jadikan bahan muhasabah diri. Dalam sehari hari, mana yang lebih banyak dilakukan, kebaikan kah, atau justru lebih banyak melakukan kesalahan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang aplikasi Raqib Atid / Muhasabah, semoga tulisan ini membantu, dan semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya.
Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Dede Junaedi Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *