Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Mudah di Android dan PC

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Mudah

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting – Zoom merupakan salah satu aplikasi yang kini tengah banyak digunakan oleh para karyawan yang berkerja dirumah. Kegunaan utama dari zoom sendiri ialah untuk melakukan meeting atau rapat secara online bersama karyawan lainnya melalui perangkat smartphone ataupun pc/komputer.

Aplikasi Zoom Cloud Meeting ramai digunakan sejak diberlakukannya atau himbauan dari pemerintah yang mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan agar bisa memutus penyebaran virus corona atau covid-19 yang sedang terjadi khususnya di Indonesia. Tentunya sebagai warga negara yang baik kita harus mematuhinya.

Alternatif agar kita bisa terus bekerja dari rumah dan memantau segala situasi perusahaan aplikasi zoom bisa kita andalkan. Dengan zoom kita bisa melakukan meeting dari rumah masing-masing tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan yang tentunya saat ini sedang dilarang.

Apa Itu Aplikasi Zoom Cloud Meetings?

Merupakan aplikasi dimana kita bisa melakukan meeting secara online dan saling bertatap muka dengan banyak pengguna didalamnya tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan. Untuk kapasitas user juga terbilang sangat memadai karena bisa menghubungkan sampai 100 pengguna yang tergabung dalam acara meeting tersebut.

Dengan teknologi yang terdapat pada aplikasi zoom ini salah satunya yaitu Screen Sharing mampu dan dapat diandalkan dengan situasi yang sedang kita hadapi saat ini. Oleh karena itu banyak para karyawan dan para bos lebih mengandalkan aplikasi zoom untuk melakukan meeting via online.

Download Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Aplikasi zoom sangat mudah ditemukan, karena zoom merupakan aplikasi resmi. Jadi bagi sobat pengguna smartphone dengan sistem Android bisa mendapatkannya di Google Play Store, dan untuk pengguna Apple atau iOS bisa mendapatkannya di App Store.

Itu bagi sobat yang ingin menggunakannya di smartphone. Nah, bagi sobat yang ingin menggunakan aplikasi zoom di layar yang agak lebar yaitu di pc atau komputer, bisa mendownload software tersebut di situs Zoom.us. Supaya proses download lebih cepat sobat bisa menggunakan IDM, dengan demikian sobat bisa mengirit waktu.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Mudah

Agar penggunaan aplikasi zoom ini mudah, mimin menyarankan supaya sobat terlebih dahulu membuat sebuah group, baik itu menggunakan WhatsApp ataupun menggunakan Facebook dan lainnya. Dalam grup tersebut sobat masukan orang-orang yang bakal mengikuti meeting via zoom.

Dengan adanya grup maka akan lebih mudah dan cepat saat kita akan melangsungkan meeting. Mengapa demikian? untuk lebih jelas dan detailnya kita simak tutorialnya langsung cara menggunakan aplikasi zoom dibawah ini.

Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di HP

Yang pertama kita akan membahas cara menggunakan zoom pada perangkat smartphone. Seperti apa caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama silahkan download dan install aplikasi zoom pada hp sobat baik Android ataupun iOS.
  2. Setelah terpasang langsung saja sobat buka aplikasnya. Klik Sign In jika sobat sudah mempunyai akun.
  3. Klik Sign Up buat sobat yang baru menggunakan zoom, buat akun dan lakukan resgister.
  4. Jika sudah masuk, pada halaman pertama sobat pilih menu Meet & Chat. Kemudian pilih opsi New Meeting.
  5. Pada halaman selanjutnya sobat akan berada di menu Start a Meeting. Silahkan sobat aktifkan Video On dan Use Personal Meeting ID (PMI).
  6. Jika sudah sobat tinggal klik Start a Meeting.
  7. Sekarang sobat tinggal bagikan ID Meeting yang telah dibuat ke para anggota, caranya klik menu Meetings > Send Invitation > Copy to Clipboard.
  8. Nah sekarang sobat tinggal paste link tersebut ke grup yang sudah sobat buat sebelumnya dengan para anggota. InvitationID ini yang nantinya bakal sobat gunakan agar bisa join dalam meeting tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di PC/Laptop

Untuk cara menggunakan aplikasi zoom di perangkat pc tentunya sama saja seperti saat menggunakannya di smartphone. Jadi buat sobat yang sudah memiliki aplikasi zoom di komputer, langsung saja buka dan buat akun lalu registrasi jika sobat ingin menjadi host meeting.

Untuk langkah-langkahnya sobat bisa ikuti cara diatas. Namun jika sobat hanya partisipan maka tidak perlu memilki akun, jadi tinggal join meeting dan masukan Meeting ID yang telah dibagikan.

Cara Gabung ke Ruang Meeting

Host meeting sudah disiapkan dan sekarang bagi para anggota tinggal bergabung dan memulai meeting bersama. Bagi para partisipan tidak perlu memiliki akun, jadi sobat tinggal copy saja Meeting ID yang sudah disebarkan. Untuk cara bergabungnya silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk pada aplikasi zoom lalu pilih menu Join Meeting.
  2. Kemudian silahkan sobat masukan ID Meeting yang telah sobat dapatkan dari host. Secroll kebawah dan nonaktifkan Dont connect Audio dan juga Turn Off My Video.supaya pengguna dapat melihat tampilan wajah dan juga dapat berbicara dalam video.
  3. Jika sudah, sobat tinggal klik Join Meeting dan sekarang sobat bisa memulai meeting dengan anggota lainnya.

Bagaimana, mudah bukan!

Demikianlah ulasan yang dapat mimin sampaikan terkait cara menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting mudah. Terimakasih bagi sobat yang sudah berkunjung ke Sinyaltekno.com selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Not Superman

Saya seorang pemula, namun saya akan mencoba semaksimal mungkin dalam hal apa yang akan saya ulas. Semoga tulisan saya bisa memberi kepuasan untuk para sobat pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *